Selasa, 13 Januari 2015

Laporan 8 Workshop : Video Streaming Berbasis WEB Menggunakan XAMPP

  Informasi merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting untuk menunjang berbagai jenis objek kehidupan. Saat ini kita bisa mendapatkan informasi dari berbagai jenis media seperti cetak, elektronik dan virtual. Saat ini penyedia layanan informasi dalam media virtual (internet) memiliki kelebihan dibandingkan kedua media penyedia layanan informasi lainnya, dikarenakan media ini merupakan media tanpa batas, bisa di-akses kapanpun dan dimanapun kita berada, asalkan ada komputer dan terhubung dengan jaringan internet. Aplikasi yang dibangun dalam tugas akhir ini merupakan layanan penyedia informasi di internet. Informasi yang disampaikan tidak hanya dalam bentuk tulisan dan gambar saja melainkan juga dalam bentuk penayangan video dengan bantuan teknologi streaming. 
       Streaming merupakan suatu teknologi penyampaian file video tanpa menyimpan file tersebut ke dalam komputer client, dengan teknologi ini file akan lebih cepat diterima karena tidak harus menunggu file selesai disampaikan seluruhnya baru kemudian ditayangkan. Untuk meyampaikan file streaming kita memerlukan protokol khusus yang mendukung proses ini yaitu protokol RTSP (Real-Time Streaming Protokol). RTSP merupakan protokol yang memiliki status, status ini diperlukan dikarena data disampaikan secara â continueâ , sehingga ketika dalam penayangan user melakukan proses penghentian sementara (pause) RTSP dapat menerima status ini dan kembali melanjutkan pengiriman data berdasarkan status tersebut ketika user melanjutkan kembali penayangan (play). Selain itu, kita juga memerlukan penyimpanan keterangan pemakaian protokol dalam suatu file yang disebut RAMgen file (biasanya hanya disebut RAM file), RAM file ini akan mengaktifkan protokol RTSP ketika protokol ini diperlukan. Sehingga, pada saat user mengakses halaman web, sistem menggunakan protokol HTTP, namun ketika user mulai melakukan proses streaming sistem menggunakan protokol RTSP. Untuk bahasa pemrograman menggunakan bahasa pemrograman web yakni PHP dimana untuk basis data menggunakan MySQL sebagai penyimpanan data dan XAMPP sebagai servernya. 
       XAMPP kepanjangan dari Apache, PHP, MySQL dan PHPMyAdmin. XAMPP merupakan tool yang menyediakan paket perangkat lunak ke dalam satu buah paket. Dengan menginstall XAMPP maka tidak perlu lagi melakukan instalasi dan konfigurasi web server Apache, PHP dan MySQL secara manual. XAMPP akan menginstalasi dan mengkonfigurasikannya secara otomatis untuk anda atau auto konfigurasi. Xampp telah mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.versi yang terbaru adalah revisi dari yang terdahulu,sehingga lebih baik dan lebih lengkap.aplikasi utama dalam paket Xampp yakni terdiri atas web server Apache,MySQL,PHP,dan PHPMyAdmin.
      Apache adalah sebuah web server open source,jadi semua orang dapat menggunakannya secara gratis,bahkan anda bisa mengedit kode programnya.fungsi utama dari Apache yakni menghasilkan halaman web yang benar sesuai dengan yang dibuat oleh seorang web programmer, dengan menggunakan kode PHP. PHP adalah bahasa pemograman untuk membuat web.dengan PHP anda dapat membuat halaman web yang dinamis.selain mendukung di sistem operasi Windows,PHP juga dapat di gunakan pada mac OS,Linux,dan sistem operasi yang lainnya. Untuk lebih memperjelas, berikut langkah - langkah membuat video streaming berbasis web menggunakan XAMPP.
Langkah pembuatan video streaming :
1.kita install applikasi XAMPP pada pc windows kita
2.Untuk membuat localhost, kita perlu menginstall APACHE Maka aktifkan “Module Apache” dengan meng-klik tombol “Start”. Tunggu beberapa saat sampai “Apache tersebut berwarna hijau dan keluar digit PID(s) dan Port(s).
 

3.Digit PID dan PORT ini merupakan nomor Standart dan nomor Secure.port 80 untuk web server
Disini kita akan menggunakan web browser mozilla firefox sebagai localhost:
 
4.Langkah selanjutnya, buat sebuah folder pada tempat lokasi penyimpanan XAMPP. Isikan folder tersebut dengan nama folder Video di dalam folder ini simpan video dan HTML dengan format Notepad (txt) . Pembaca dapat melihatnya di localdisk C – xampp – htdocs – Video

Pada gambar di atas pembaca dapat melihat 2 buah video dan notepad “tes”. Nah, pada notepad tersebut isikan program HTML seperti pada gambar di bawah ini :
 
 Jika sudah save dan bukak lagi localhost kita dengan alamat http://localhost/video/ atau pembaca dapat juga meng-akses dengan IP PC pembaca, seperti IP PC saya ini http://172.16.30.17/video/ . :
 
 5.Selanjutnya kita akan memastikan bahwa browser kita telah support add on VLC , biasanya apabila kita sudah mengsintall VLC maka web browser akan automatis mendeteck vlc.



 6.selesai,kita akan mencoba memplay video yang akan kita streaming tadi seperti gambar dibawah ini :



 7.Untuk membuat list video bisa diikuti pada langkah gambar dibawah ini :
  
  8.Alamat di atas ini dapat di akses apabila video yang kita simpan berada di folder XAMPP.

Sekian penjelasan blog saya tentang video streaming web menggunakan XAMPP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar