Kamis, 23 Oktober 2014

Pratikum 1 Managemen jaringan : Analisi traffic terhadap Round Trip Time (RTT)

Apa Itu RTT (Round Trip Time)?
       Perintah ping adalah perintah yang paling sering dipakai dalam menganalisa permasalahan di jaringan yang berhubungan dengan Round Trip Time (RTT). Kegunaan utama dari Ping adalah mengecek apakah ip/domain tertentu dalam kondisi hidup atau tidak. Ping sendiri mempunyai banyak parameter dan manfaat yang jarang di gunakan. 
       Secara default ping di Windows akan mengirim 4 packet. Jumlah paket ini sebenarnya bisa diatur dengan paramater  ping -n (number) (target). Sebagai contoh saya ingin mengeping Google dengan mengirim satu packet data maka perintahnya parameter jumlah packet.
Dalam telekomunikasi , waktu round-trip delay (RTD) atau waktu round-trip (RTT) adalah lamanya waktu yang dibutuhkan untuk sinyal yang akan dikirim ditambah lamanya waktu yang diperlukan untuk pengakuan dari sinyal yang akan diterima. Oleh karena itu, waktu tunda ini terdiri dari waktu propagasi antara dua titik sinyal.
        Dalam konteks jaringan komputer, RTT juga dikenal sebagai waktu ping. Seorang pengguna internet dapat menentukan RTT dengan menggunakan perintah ping.Percobaan ini dilakukan tes ping ke salah satu situs yang servernya www.detik.com, detik.com merupakan salah satu situs berita terpopuler di Indonesia. Berbeda dari situs-situs berita berbahasa Indonesia lainnya, detikcom hanya mempunyai edisi daring dan menggantungkan pendapatan dari bidang iklan. 

pada pratikum ini kita menggunakan koneksi hotspot Politeknik Caltex Riau.
Kemudian dicari rata-rata waktu RTT untuk mengetahui kestabilan jaringan tersebut. Dengan menggunakan kata kunci tracert www.detik.com pada command prompt, keluarannya sebagai berikut : 

 Disini kita ketik tracert www.detik.com , setelah itu kita akan melihat hasil dimana untuk sampai ke detik.com kita harus melewati 11 alamat ,tiap alamat address mempunya kecepatan yang berbeda2 tergantung dengan kecepatan koneksi yang kita gunakan.

Langkah - Langkah melakukan PING pada server www.detik.com :

1.klik pada taskbar "START" , pada kolom run ,ketik CMD-ENTER
2.ketik ping www.detik.com -n 15 -l 8 -i 225 > 8.txt
3.disini kita lihat,"-n" adalah banyak pengulangan yang terjadi,(-l) adalah time to live ,(-i) menjelaskan round trip time,8.txt sebagai nama format file yang akan kita save pada directory yang kita lakukan sekarang,contoh pada gambar diatas kita akan mengsave pada C:\users\acer

4.setelah itu kita akan membuka file .txt yang kita gunakan tadi sebagai tempat penyimpanan ping detik.com.

disini kita dapat melihat bahwa data paket yang kita kirim tidak terjadi loss , 15 data yang dikirim dan 15 data yang di terima ,apabila terjadi %loss itu dikarenakan gangguan koneksi.minimum=24 ms adalah kecepatan minimum yang terjadi,maximum=58 ms adalah kecepatan maksimum yang terjadi saat pengiriman data

5.untuk melihat hasil analisis data yang telah kita dapatkan ,maka kita buatlah tabel data pada MS excel :




6.Sekarang kita akan melihat kurva perbandingan data RTT




KESIMPULAN :
1.cepat atau lambatnya pengiriman data dikarenakan koneksi , apabila koneksi lambat akan terjadi paket loss
2.semakin besar nilai pengiriman data maka pengiriman dan yang diterima akan melalui proses yang lama dan juga sering terjadi paket loss
3.kecepatan maksimum,minimum tiap server berbeda berbeda , server lokal lebih cepat mendapat pengiriman data dari pada server interlokal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar