Rabu, 22 Oktober 2014

Pratikum 2 Workshop : Membuat Web Server

untuk menginstal untuk menjadikan webserver ubuntu kita harus menggunakan tools apache (untuk menjadikan web server) kita menggunakan versi 2 .applikasi ini terdapat pada windows xp.
Pertama kita akan menginstal apache pada ubuntu linux dengan membuka menu TERMINAL dan ketik “apt-get install apache2” dan setelah itu kita tekan Y(yes).setelah proses selesai kita akan menginstall “bind9” dengan mengetik pada TERMINAL “apt-get install bind9”.

Web server menggunakan halaman web HTML(HyperText Markup Languange) adlaah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web,menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah web internet danpemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegrasi.

Berikut langkah-langkah membuat web server :

1.kita akan membuka menu TERMINAL dan ketik perintah "sudo su" untuk mengaktifkan super user.setelah itu kita ketik "apt-get update " untuk melihat update applikasi dalam ubuntu linux




2.setelah itu kita akan menginstall apache 2 dengan mengetik "apt-get install apache2
 
3.ketik kan "y" untuk menginstall apache2.setelah itu akan ada tulisan "reading package list done" berarti apache2 sudah terinstall di ubuntu kita

4.setelah itu kita melanjutkan pembuatan HTML , yang dimana pada menu terminal kita harus masuk dulu ke direktori "www" dengan mengetikkan pada TERMINAL : "cd/var/www .

5.setelah kita memasuki direktori tersebut . kita akan membuat nama pada HTML kita dengan cara mengetikkan pada terminal "gedit tyo.html"

6.setelah menu tampilan keluar , kita akan mengetikkan code HTML . kode HTML web server bisa kita cari di gogle dengan mengetikkan " kode HTML web server " sebagai contoh (referensi dari gogle) :



7.setelah kta mencari kode HTML seperti pada gambar diatas , kita blok semua tulisan pada gambar diatas dan "klik kanan - copy" semua tulisannya dan kita "klik kanan - paste" pada menu gedit text yang kita buka tadi .

8.buka web browser , ketikkan pada menu html "localhost/tyo.html .

9.setelah itu akan keluar menu tampilan lokal HTML yang kita paste tadi.

10.percobaan selesai . mohon maaf jika ada kesalahan kata kata  . sekian dan terima kasih atas perhatiannya .selamat mencoba :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar