Kamis, 30 Oktober 2014

Pratikum 2 managemen jaringan : Test koneksi berdasarkan data CDF dan PDF

     Kata Internet sudah tidak asing lagi di kalangan sekitar kita , baik dikalangan remaja maupun orang tua . Dengan internet kita bisa mendapatkan ilmu pengetahuan , berita , musik , video dengan menggunakan media HandPhone atau PC Laptop . untuk mengakses suatu situs internet , kita membutuhkan kecepatan jaringan internet . Sudah banyak provider-provider Sim card seperti AS,TRI,XL yang memberikan paket kecepatan dengan biaya yang berbeda beda .
pada pratikum kali ini saya akan menunjukkan cara melihat kecepatan sim card dengan menggunakan Command Windows .Disini saya menggunakan Kartu AS . Kita juga akan melihat kecepatan mengirim data ke suatu situs , situs yang kita tuju adalah www.detik.com .
kita akan mengirim data 64 byte , 128 byte , 512 byte , 1024 byte .

berikut langkah - langkah percobaan :

1.


pertama kita klik "START" pada menu desktop , terus ketik pada menu search "CMD",setelah itu kita ketik seperti gambar diatas ,  kita mengirim 1100 data dengan tiap byte yang berbeda , disini akan memakan waktu 2 jam , itu juga tergantung dengan kecepatan koneksi internet yang anda gunakan . 







2.Setelah itu kita akan membuka file hasil proses ping tadi dengan membuka folder save nya , disini saya save default yaitu di " C - USER - TYO " terliihat seperti ini :



3.Setelah itu kita akan membuka salah satu filenya yaitu  64.txt menjadi sebuah tabel data :

4.Setelah itu kita akan melihat grafik dari 64 byte , 128 byte , 512 byte , 1024 byte


















Pada hasil grafik diatas dapat kita lihat kartu AS mempunyai kecepatan yang cepat , dimana sedikit terjadi RTT dan nilai paket LOSS,dimana kita mengirim 1100 data hanya kecil terjadi paket loss.berikut keterangan CDF dan PDF
1. PDF (Probability Density Function)
      Probability Density Function menyatakan nilai probabilitas dari setiap keajadian. Contoh pada kasus  ini adalah dimana X merupakan tiap-tiap ukuran paket data dari data pada langkah sebelumnya, dengan RTT range 25 ms. Caranya, nilai RTT terkecil kemudian tambahkan 25 ms itu jadi range pertama, dan lanjutkan sampai data RTT terbesar masuk dalam range terakhir. Nilai PDF akan menampilkan kemungkinan jumlah data dalam range. Nilai semua kemungkinan adalah 1.

2. CDF (Cumulative Density Function)
    Fungsi kepadatan kumulatif atau Cumulative Density Function adalah fungsi yang menjumlahkan nilai kemungkinan sampai suatu kejadian tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar