Selasa, 04 November 2014

Pratikum 3 Workshop : Membuat DNS (Server)

DNS (Domain Name System ) adalah : Database yang digunakan untuk pencarian nama komputer menggunakan jaringan TCP/IP . DNS juga digunakan pada alamat Web server ,Email . Dengan adanya DNS kita bisa mengakses penyimpanan pada suatu web Server maupun Email.

Berikut adalah langkah - langkah embuat DNS server :

1. Buka menu TERMINAL pada Ubuntu seperti berikut ,dan tuliskan perintah seperti pada gambar di bawah :


Pada gambar pada menu ZONE itu adalah nama WEB yang akan kita buat.Setelah itu



Ketik "nano/etc/bind/db.dns" setelah itu kita ubah SOA satrio.com. root.satrio.com. . setelah itu :


Ketik "nano/etc/bind/db.rvdns" , Dan buat seperti pada gambar diatas .setelah itu :


ketikkan "nano/etc/resolv.conf" dimana pada menu ini terdapat default name server seperti gambar diatas 172.16.30.1 , jangan di ubah , kita akan menambah kan name server lagi ke menu ini . contoh nameserver satrio.com , nameserver 172.16.30.15 . default name server diatas tidak boleh digunakan karena pada percobaan ini kita menggunakan DHCP ,kalo kita menggunakan static kode IP tersebut akan kita hapus .



Setelah itu kita ketik "named-checkconf -z " untuk membuild DNS kita tadi agar bisa di akses ,dan kita ketik "etc/init.d/bind9 restart" ini digunakan unutk merestart network pada pc kita setelah itu kita akan mendapatkan kode yang kita buat tadi .


DNS sukses , dengan mengetikkan "satrio.com" pada html web maka akan terbuka DNS server yang kita buat tadi . sekian dan terimakasih , mohon maaf apabila ada kesalahan kata - kata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar