Selasa, 16 Desember 2014

Konfigurasi IP PBX Server Windows 7 dan 3CX Phone System

3CX Phone System adalah sebuah software IP PBX yang dapat menggantikan perangkat fisik PBX / PABX. IP PBX dari 3CX ini telah didevelop khusus untuk sistem operasi Windows dan berprotokol standar SIP, sehingga akan lebih mudah dimanage dan tentunya akan cocok dengan segala jenis SIP Phone, softphone maupun IP Phone.
3CX Phone System, selain berbasis Windows, 3CX juga memberikan paket teknologi komunikasi yang lengkap dengan menyertakan voice mail, fax, email dan status kehadiran/online user dan juga Video Call.
Masing-masing user juga dapat mengkonfigurasi pengaturan extensinya masing-masing melalui web-based user portal, yang tentunya dapat diakses dari mana saja tanpa bantuan IT Staff. di antaranya fitur-fitur seperti Call Forwarding dan Caller ID.
Dengan konsol web-based, administrator pun dapat dengan mudah membuat extensi-extensi baru dan mengubah pengaturan IP PBX. Dan karena 3CX Phone System adalah aplikasi Windows, tentunya akan sangat mudah dimonitor dan dikontrol. Anda dapat meingstall 3CX pada sebuah server yang sudah ada, atau bisa divirtualisasikan dan tidak memerlukan perangkat , tenaga dan biaya manajemen tambahan.

Langkah-langkah :
1.Pertama kita akan menginstall 3CX,ikuti langkah langkah seperti gambar berikut :




 masukkan IP addres dengan ip yang didapat dari hotspot yang kita gunakan ,setelah itu :
disini kita akan disruruh memilih beberapa digit penomoran yang akan kita gunakan ,pada percobaan ini saya menggunakan 3 digit .

 disini pilih saja next(karena settingan default )

 ketik username yang diinginkan , disini saya mengetikkan username admin dan password : admin

disini saya akan memasukkan kode digit operator dengan number 100

selanjutnya client 1 dan 2 , client 1 saya buat digit 101 dan client 2 dengan digit 102
ini hasilnya .

disini kita pilih country : indonesia


next

pilih saja next
 setelah itu akan muncul tampilan 3CX ,kita masukkan username dan password yang sudah kita buat tadi

 pilih account setting , setelah itu masukkan client 1 dan client 2 dengan nomor digit yang sudah kita setting tadi


 kita bisa menambahkan nomor lagi dengan memilih " new" pada kolom ini

 selanjut kita akan mencoba menghubungi client 2 ke operator dengan nomor 100



 dapat dilihat komunikasi terhubung antara client dan operator







Pada proses ini dapat kita lihat menggunakan 1 operator dengan 2 client dan terhubung satu dengan yang lainnya , dimana operator berasal dari handphone yang sudah kita share ke client 1 dan client 2 , dengan mendownload applikasi 3CX(iphone maupun android).
untuk melakukan hubungan confrence kita harus membeli applikasi berbayar,disini saya tidak bisa menujukkan conference karena saya menggunakan Applikasi trial . pastikan operator bisa menghubungi kedua client , jika tidak,berarti ada kesalahan di penomoran client dan operator/ bisa juga kesalahan pada menu pengetikkan local ip addres . perlu di ingat local ip address itu didapat dari "CMD-IPconfig/all " ada PC client 1 dan 2 .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar